Radeon R9 290X Ludes Diborong Penambang Bitcoin

Amerika Serikat - Kartu grafis terbaru AMD, Radeon R9 290X, ternyata tidak hanya dilirik oleh para gamer. Di Amerika Serikat produk tersebut sudah sold out diburu para penambang mata uang digital.

AMD Radeon R9 290X memang disebut-sebut sebagai salah satu kartu grafis fenomenal. Dengan harga yang bersahabat, produk ini memiliki performa di atas produk lain yang dibanderol lebih mahal.


Namun kemampuan tersebut tidak hanya dilirik para gamer. Belakangan diketahui bahwa Radeon R9 290X bisa dipakai untuk menambang Bitcoin, dan mata uang digital lainnya seperti Litecoin, Dogecoin dan Worldcoin. Tak heran jika pemburu mata uang digital itu terus memburu Radeon R9 290X.


Dikutip detikINET dari Digital Trends, Selasa (18/2/2014) saking banyaknya peminat, para konsumen di AS pun kesulitan untuk mendapatkan Radeon R9 290X karena nyaris di semua toko sold out. Alhasil, harga kartu grafis itu pun naik dari sebelumnya USD 549 menjadi USD 700.


Seperti diketahui bahwa untuk mendapatkan Bitcoin tidaklah mudah. Para penambang harus menggunakan alat khusus agar bisa menangkap angka-angka yang nanti bisa diterjemahkan sebagai mata uang digital.


Nah, untuk melakukan hal itu juga tidak murah. Dibutuhkan alat yang harganya mencapai ribuan dollar. Dan entah bagaimana caranya, seorang hacker berhasil menemukan cara menambang emas melalui AMD Radeon R9 290X.


(eno/fyk)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!