Di 2026, Pengguna Data Habiskan 10 GB per Hari

Jakarta - Penggunaan mobile data diproyeksi akan semakin menggila di masa depan. Jika tadinya kita hanya menghabiskan kuota sekitar 1 MB hingga 10 MB per hari, dalam beberapa tahun ke depan, per orang akan menghabiskan bandwidth 1GB hingga 10 GB setiap harinya.

Analisa soal proyeksi ledakan trafik mobile data ini dipaparkan oleh vendor jaringan Nokia Solution Network (NSN) dalam pertemuan dengan sejumlah media di Penang Bistro, Jakarta, Rabu (12/3/2014).


Menurut Dharmesh Malhotra, Presiden Direktur NSN Indonesia, ledakan trafik data ini tak mungkin dihindari lagi dan pasti akan terjadi dalam waktu dekat. Apalagi jika melihat tren telekomunikasi saat ini yang hampir semuanya berorientasi ke layanan data.


"Jadi sekarang keputusannya ada di tangan operator bagaimana menyikapinya, apakah mereka siap atau tidak. Tentu mereka harus mengambil keputusan strategis yang tepat mulai dari sekarang, karena ini menyangkut masa depan jaringan layanan mereka," kata Malhotra.


Dalam bagan NSN network traffic forecast 2010-2026, tiap pengguna yang tadinya hanya menghabiskan kuota 1 MB per hari, kini telah tumbuh menjadi sekitar 10 MB-15 MB per hari di 2014 ini.


Trafik ini masih akan terus menjulang tinggi di 2020 nanti menjadi 1.000 MB alias 1 GB. Angka ini pun diproyeksi masih akan bertambah tinggi menjadi 10.000 MB alias 10 GB per hari di 2026.


Tentunya, untuk mengantisipasi lonjakan trafik data ini adalah dengan mempersiapkan infrastruktur jaringan dari sekarang. Mulai dari roadmap pembangunan jaringan 3G, 4G, bahkan 5G.Next


(rou/fyk)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!