Salah Kaprah Centang Dua di WhatsApp

Jakarta - "Gue kirim pesan, udah tanda centang dua tapi gue tunggu dia gak balas-balas," keluh seorang pengguna WhatsApp. Si pengguna ini kesal. Mengira temannya sombong, sudah membaca pesan tapi tidak juga membalas pesannya.

Nah, apakah Anda juga berpikir tanda centang dua di pesan WhatsApp berarti pesan sudah dibaca? Jika iya, sepertinya memang cukup banyak orang yang salah kaprah soal ini.


Ya, tak seperti layanan messenger lain, WhatsApp memang tidak punya notifikasi bahwa pesan yang kita kirimkan sudah dibaca atau belum oleh si penerima. Pada BlackBerry Messenger (BBM) dan Line misalnya, pesan yang sudah dibaca akan ditandai dengan huruf 'R' di dekat pesan, yang berarti 'Read'.


Mungkin itu sebabnya, banyak yang mengira tanda centang dua sama seperti tanda 'R' di BBM atau Line. WhatsApp melalui halaman Frequently Asked Questions (FAQ) di situs resminya menjelaskan soal ini, pada pertanyaan "Apakah arti tanda centang di sebelah pesan saya?".


Dijelaskan WhatsApp, tanda centang satu artinya pesan berhasil dikirim ke server. Sementara tanda centang dua berarti pesan berhasil dikirim ke ponsel teman chatting Anda. Pada bagian ini, WhatsApp memberikan catatan.


"Tanda ini tidak menunjukkan bahwa pesan sudah dibaca, namun hanya menyatakan bahwa pesan telah diterima di ponsel mereka," demikian seperti dikutip detikINET, Kamis (13/3/2014).


Di halaman ini, WhatsApp juga menjelaskan bahwa dalam percakapan di grup, kita hanya akan melihat tanda centang satu yang berarti pesan telah sukses terkirim ke server. Next


(rns/ash)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!