Google Bakal Umbar SDK Wearable Gadget

Jakarta - Wearable gadget diprediksi akan semakin umum ditemui di mana saja dan dipakai banyak orang. Apalagi dengan dirilisnya Software Development Kit (SDK) wearable gadget oleh Google.

Berbicara di konferensi SXSW di Austin, Texas, Amerika Serikat, Android Chief Sundar Pichai mengumumkan akan membuka akses SDK wearable gadget sekitar akhir Maret ini.


"Ini akan memancing visi para developer dan melihat bagaimana pasar ini bekerja," kata Pichai seperti dikutip dari Times of India, Selasa (11/3/2014).


SDK ini memungkinkan para pembuat perangkat membuat wearable device berbasis Android dan developer bisa membuat aplikasi untuk gadget-gadget tersebut. Pichai tidak mengkonfirmasikan apakah Google saat ini sedang mengembangkan wearable gadget sendiri.


Namun dikatakannya, Google mempertimbangkan wearable gadget pada 'level platform'. Artinya, seperti ponsel, Google ingin platform dan layanannya 'tampil' di wearable device yang dibuat berbagai manufaktur.


Dalam kesempatan ini, Pichai juga mengklarifikasi bahwa wearable gadget adalah kategori yang luas, tak hanya smartwatch atau kacamata pintar saja. Ke depannya, wearable gadget akan terus berkembang dalam wujud bermacam-macam.


(rns/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!