Digital Services Mulai Jadi Tumpuan Bisnis XL

Jakarta - Operator seluler XL Axiata mulai jor-joran mengalokasikan dana untuk mengembangkan digital services. Tahun ini saja investasinya berkisar USD 15 juta-USD 20 juta. Pengeluaran yang besar tentunya diiringi dengan ekspektasi yang tinggi.

Direktur Teknologi dan Digital Services XL, Dian Siswarini, mengungkapkan, target pendapatan dari segmen digital services tahun 2014 ini memang dipatok 65% lebih tinggi dibanding tahun 2013 lalu dengan pertumbuhan menjadi sekitar Rp 860 miliar.


"Layanan digital services memang jadi lini bisnis baru XL yang diharapkan pada tahun 2015 sudah mampu memberi kontribusi terhadap total pendapatan perusahaan 5%-7%," kata Dian dalam update digital service XL di Jakarta.


Menurut Dian, XL mulai menggarap layanan digital services sejalan dengan perkembangan pesat layanan digital, tercermin dari tingginya pertumbuhan smartphone, bertambahnya aplikasi, permintaan solusi digital dunia usaha, dan peningkatan pengguna layanan internet di tanah air.


Ia menggambarkan, tahun 2012 menjadi tahun di mana XL memasuki layanan digital services, tahun 2013 masa inkubasi dengan membangun ekosistem, tahun 2014 masa adopsi dengan meningkatkan jumlah pelanggan yang bergabung dengan digital services.


"Tahun 2015 masa stimulasi, sedangkan tahun 2016 menjadi periode 'harvesting time" dimana layanan ini memasuki kontribusi yang lebih signifikan terhadap perusahaan," ujarnya.


XL saat ini memiliki delapan lini bisnis di luar layanan voice, SMS, dan layanan internet, dengan 55 portofolio yang terus berkembang, antara lain Digital Entertainment, Mobile Advertising, Mobile Payment dan Mobile Banking.


Selain itu XL Digital Service juga meluncurkan Machine to Machine (M2M), sebuah solusi yang menyediakan sarana komunikasi antar perangkat, cloud atau komputasi awan yang menyimpan data, pengolahan aplikasi, dan penyediaan infrastruktur, Bussines Development, dan juga layanan e-commerce, Elevania, cara baru belanja online.Next


(rou/rou)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!