Selfie Bikin Kamera Depan Tak Bisa Disepelekan

Jakarta - Sedikit banyak, tren selfie yang tengah mewabah mempengaruhi produsen ponsel dalam mendesain produknya. Tak terkecuali Haier, produsen asal China yang kini digaet Smartfren untuk menggarap ponsel Andromax.

Haier menilai, pengguna ponsel Tanah Air memiliki kebutuhan khusus akan foto selfie. Dengan kata lain, kamera depan kini menjadi hal yang sama pentingnya dengan kamera belakang.


“Berdasarkan temuan yang diperoleh, kami pun menyiapkan desain dan spesifikasi ponsel yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen Indonesia,” ujar Wang zhang zhong, Sales Director of Overseas for Mobile Phone Haier di Qingdao, China.


Meski tidak dijelaskan lebih lanjut, ponsel yang telah disiapkan Haier untuk mengincar pasar Indonesia kemungkinan besar adalah Haier W860. Selain mengusung bentang layar 5 inch, kelebihan lainnya juga terletak pada kamera depan 5 MP yang dimilikinya.


Dengan kamera 5 MP sebagai kamera depan, bisa ditebak target yang diincar Haier adalah pengguna yang hobi selfie. Hal ini pun dianggap unik oleh petinggi Haier tersebut, karena di China, pengguna ponsel tak begitu peduli dengan kemampuan kamera depannya.


“Di Indonesia kamera depan penting untuk sekadar selfie ataupun berkomunikasi di media sosial. Hal ini sangat berbeda dengan di China dimana kamera depan ponsel justru tak sering digunakan,” tambah Zhong.


Haier W860 sendiri sebenarnya telah diumumkan sejak bulan Desember tahun 2013 lalu oleh Haier Indonesia. Namun Kevin Jap, Country Manager Haier Indonesia menyebut ponsel tersebut baru akan memasuki pasar sekitar pertengahan tahun ini.


“Prosesornya sudah quad core. Rencananya memasuki pasar pada pertengahan tahun ini. Harganya dibawah Rp 2 juta,” singkatnya kepada detikINET pada lawatannya bersama Smartfren ke pabrik Haier di Qingdao, China.


(yud/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!