Melirik Lensa Ketiga untuk Kamera Kesayangan

Jakarta - Saya mempunyai kamera Canon DSLR 600D, berniat untuk membeli lensa pihak ketiga seperti (Tamron, Sigma, dll). Pertanyaannya, apakah lensa tersebut bakal beroperasi dengan optimal, layaknya lensa bawaan dari merek canon? (Ardhian)

Jawaban:


Lensa buatan pihak ketiga seperti Tamron, Sigma, Tokina, dll akan bisa dipasang dan beroperasi normal jika memang dudukannya dirancang untuk Kamera DSLR Canon. Hal ini penting karena lensa-lensa tersebut ada yang untuk merek kamera lain juga.


Produsen lensa pihak ketiga juga akan membuat beberapa kelas lensa. Ada yang kualitas tinggi dan ada yang kualitasnya sedang dan ada yang kualitasnya rendah. Biasanya kualitas lensa tersebut bisa kita lihat dari harganya.


Kelebihan dari lensa pihak ketiga adalah harganya biasanya lebih murah, kelemahannya adalah lebih sulit untuk servis, dan harga purna jualnya akan lebih turun karena permintaannya tidak terlalu banyak. Selain itu, kemungkinan untuk auto fokus-nya kurang tepat juga tinggi, sehingga diperlukan kamera yang bisa mengkalibrasi autofokus (AF Fine Tune) atau diservis.

(jsn/ash)


http://us.images.detik.com/content/2013/02/22/1204/copyofenche-tjinbaru2.jpgEnche Tjin Enche Tjin mengenal fotografi sejak tahun 1998 saat menuntut ilmu di jurusan Desain Komunikasi Visual. Di tahun 2007, ia beralih ke fotografi digital. Enche aktif di dalam menulis buku, blog, artikel untuk media massa, dan menyelenggarakan kursus kilat serta tur fotografi. Enche juga menerima jasa fotografi terutama event dan portrait. Website: infofotografi.com , Twitter: @infofotografi.

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!