Mengenal NAS, Server Mini untuk Pemakaian Pribadi

Jakarta - Network Attached Storage (NAS) memiliki kemampuan bak sebuah server. Namun ruang lingkupnya bisa disederhanakan, jadi cocok menjadi sebuah server mini untuk pemakaian pribadi.

Manfaat apa saja yang bisa diberikan oleh Network Attached Storage (NAS) bagi pengguna rumahan dan perorangan? Apakah NAS hanya dibutuhkan oleh perusahaan besar?


Bayangkan kerumitan yang harus dilalui, jika Anda harus mencari musik, foto atau dokumen penting di sekian banyak perangkat komputer maupun mobile yang Anda gunakan.


Banyaknya jumlah perangkat yang digunakan, belum lagi perbedaan platform dan OS dari setiap perangkat tersebut, akan mempersulit Anda dalam melakukan pencarian data.


Kapasitas penyimpanan perangkat yang berbeda-beda seringkali menyebabkan data terpencar di antara berbagai perangkat yang ada.


Hal ini merepotkan, karena, untuk memudahkan pencarian dan akses data, pengguna harus senantiasa mengingat di perangkat mana ia menyimpan data tersebut, dan untuk dapat mengaksesnya kapanpun dibutuhkan, pengguna harus selalu membawa perangkat-perangkat tersebut ke manapun dia pergi.


Kesulitan pengelolaan data semacam ini tidak hanya dihadapi oleh perusahaan besar, namun juga dihadapi oleh pengguna untuk pemakaian pribadi serta pelaku bisnis kecil dan menengah. Next


(ash/ash)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!