Mei, Pabrik Tablet PC Advan di Semarang Mulai Beroperasi

Jakarta - Advan tak lama lagi bakal mulai merakit tablet PC besutannya di dalam negeri. Pabrik yang berlokasi di kawasan industri Candi, Semarang, Jawa Tengah ini siap beroperasi untuk membuat tablet PC.

Tjandra Lianto, Direktur Marketing Advan mengatakan, pabrik tersebut diperkirakan bakal beroperasi untuk proses assembly tablet PC sekitar bulan Mei 2014 mendatang.


"Untuk awalnya memang baru tablet PC di bulan Mei ini. Selanjutnya diharapkan dapat menjadi tempat merakit untuk produk smartphone dan feature phone di kuartal IV nanti," lanjutnya saat ditemui detikINET di sela temu wartawan terbatas di Plaza Senayan, Jakarta, Rabu (12/3/2014).


Sebelumnya, produksi tablet PC Advan masih tergantung dengan mitra manufakturnya dari China. Kini, proses migrasi ke pabrik di Semarang pun telah disiapkan dengan nilai investasi sekitar Rp 100 miliar.


Selain untuk proses produksi, pabrik ini nantinya juga bakal menjadi tempat testing, QC (quality control), dan pengembangan R&D Advan di Indonesia. Sementara karyawan bisa menampung hingga 3.000 orang dengan kapasitas 100-200 ribu perangkat per bulan.


"Untuk sementara memang awalnya kapasitas produksinya mencapai 50 ribu unit per bulan, tapi seiring bertambahnya permintaan bisa ditingkatkan lagi kapasitasnya," lanjut Tjandra.


Dengan kehadiran pabrik tersebut Advan berharap dapat lebih cepat untuk memproduksi perangkatnya. Termasuk untuk memberi sumbangsih dengan membuka lapangan kerja bagi SDM lokal.Next


(ash/fyk)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!