Google Benamkan Kamera di Lensa Kontak

Jakarta - Ancaman privasi dengan kemunculan Google Glass yang ramai diperdebatkan mungkin belum seberapa. Google menyiapkan yang lebih canggih dari Google Glass, dengan membenamkan kamera di lensa kontak.

Beberapa waktu lalu Google memang disebut-sebut sedang mengembangkan lensa kontak pintar. Lensa kontak pintar ini memiliki sebuah sensor, chip wireless dan lampu LED berukuran mikro.


Adapun fungsi sensor adalah guna mengetahui tingkat gula darah pengguna melalui cairan yang ada pada mata. Bila sensor mendeteksi kandungan gula darah yang terlalu tinggi, lampu LED akan berkedip untuk memberi informasi.


Kini selain sensor, Google juga menambahkan kamera mikro di dalam lensa kontak tersebut. Kamera ini akan membantu melacak dan mengumpulkan data berupa gambar sesuai dengan penglihatan di pengguna. Data tersebut dapat diproses untuk mendeteksi cahaya, warna, pola warna, wajah atau pergerakan.


Dikutip dari News Softpedia, Selasa (15/4/2014), berdasarkan deskripsi paten Google, kamera yang dibenamkan bisa lebih dari satu. Semua kamera nantinya akan ditenagai secara wireless dengan menangkap energi atau dengan cara mekanis.


Sejumlah analis berpendapat, lensa kontak pintar ini menunjukkan keseriusan Google mengincar pasar wearable gadget yang lebih spesifik. Bukan tidak mungkin, ke depannya Google juga akan menghubungkan tubuh setiap orang dengan perangkat pintar besutannya.


(rns/ash)