'Tablet 8 Inch Jadi Primadona Pasar'

Jakarta - Terjadi pergeseran di pasar tablet. Semula tablet 7 inch menjadi primadona pasar dan banyak diminati konsumen, kini digantikan dengan tablet yang ukurannya lebih ideal, yakni 8 inch.

Menurut Tjandra Lianto, Direktur Marketing Advan, tablet 8 inchi menjadi primadona baru di pasar karena ukuranya lebih pas dan lebih ideal, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar.


Untuk menjalankan berbagai aplikasi dan komputasi, ukuran 8 inch dinilai lebih nyaman bagi pengguna dibanding dengan tablet ukuran 7 inch. Apalagi setelah maraknya phablet, smartphone berukuran 5-6 inch, keberadaan tablet 7 inch dianggap kian redup popularitasnya.


Tak heran jika fenomena ini ditangkap oleh hampir semua vendor untuk memproduksi tablet 8 inch, termasuk Advan. Vendor merek lokal ini melihat, untuk saat ini tablet ukuran 8 inchi menjadi pilihan utama.


“Kami melihat ada pergeseran tren di pasar tablet. Sekarang ini tablet yang diminati konsumen adalah tablet berukuran 8 inch. Ukuran tersebut dirasa sangat ideal dan memberikan kenyamanan bagi penggunanya,” ungkap Tjandra, dalam keterangan tertulis, Jumat (18/4/2014).


Advan sendiri punya perangkat jagoan di segmen tablet 8 inch, yakni Vandroid T5C yang. Menurut Tjandra, sejauh ini penjualannya terbilang menggembirakan. Dari target yang dicanangkan yakni 60-90 ribu unit pada kuartal pertama 2014, sudah mendekati angka yang ditargetkan.


“Penjualan Vandorid T5C sudah tembus sekitar 80%. Angka ini sekaligus mematahkan issu bahwa pasar tablet sedang stagnan. Mungkin untuk tablet 7 inch pasarnya cenderung turun. Tapi untuk tablet 8 inch kondisinya sangat lain, serapan pasar masih positif dan bergairah,” tegasnya. Next


(ash/ash)