Google Kini Berhak Baca Email Pengguna Gmail

Jakarta - Google baru saja memperbarui daftar persetujuan para pemakai Gmail. Salah satu poin terbaru menyebutkan bahwa mereka berhak membaca email para penggunanya.

Ya, aturan yang mulai berlaku dua hari lalu itu memang melegalkan Google untuk membaca isi Gmail. Baik itu yang berada di kotak masuk, email yang terkirim, dan seluruh email yang tersimpan di dalam akun.


"Sistem kami akan secara otomatis mengalisa semua konten yang ada, termasuk email," tulis disclaimer baru Google untuk Gmail, seperti dikutip detikINET, Rabu (16/4/2014).


Aturan baru Google ini memang cukup mengagetkan, bahkan tak sedikit yang kecewa karena merasa sudah mengganggu privasi. Tapi apa daya, aturan tersebut sudah resmi diberlakukan.


Bulan lalu, padahal Google sempat digugat karena dianggap telah membaca email penggunanya tanpa izin. Raksasa internet itu pun menampik, Google berdalih bahwa pengguna sudah setuju dengan aturan yang memungkinkan mereka melihat isi email.


Kini, aturan baru pada Gmail pun seakan menegaskan bahwa Google berhak membaca seluruh email penggunanya. Setujukah Anda?


(eno/fyk)