Ubuntu Unjuk Kebolehan di Ponsel Meizu

Jakarta - Cukup lama tak terdengar, kabar mengenai Ubuntu kembali beredar. Kali ini OS besutan Canonical ini unjuk kebolehan lewat ponsel Meizu yang sebelumnya disebut-sebut bakal jadi smartphone pertama Ubuntu.

Melalui sebuah video, Ubuntu yang dijalankan menggunakan ponsel Meizu MX3 terlihat sudah lancar. Disinyalir Ubuntu yang digunakan merupakan versi final dan tinggal menunggu waktu peluncurannya.


Selain itu, secara keseluruhan Ubuntu yang dijalankan pada Meizu MX3 juga menyodorkan tampilan dan cara penggunaan yang cukup berbeda. Terutama bila dibandingkan dengan Android sebagai OS yang bakal menjadi pesaing terkuatnya.


Karena sama-sama berbasis open source, sejumlah spekulan menyebut Ubuntu memiliki potensi kuat menyaingi Android. Apalagi ditambah dengan besarnya dukungan komunitas yang dimilikinya.


Sayangnya hingga saat ini masih belum jelas kapan Ubuntu mulai memasuki pasar ponsel. Namun bagi penggila gadget yang penasaran ingin mencobanya, Ubuntu telah sepenuhnya mendukung penggunaan pada Nexus 4 dan Nexus 7.


Berikut video penggunaan Ubuntu di ponsel Meizu MX3.


(yud/ash)