Jokowi.id Telah Dikuasai, Toto.id Laku Rp 57 Juta

Jakarta - Dari 807 nama domain yang disetujui Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) selama periode Sunrise, delapan nama domain di antaranya didaftarkan lebih dari dua pihak dan pemenangnya diputuskan melalui lelang.

Delapan nama domain itu adalah: andro.id, bcainsurance.id, bola.id, hotel.id, indoglobal.id, jobs.id, tiket.id, dan toto.id. Domain toto.id merupakan domain yang mendapatkan penawaran tertinggi sebesar Rp 57 juta.


Cukup banyak nama populer yang muncul pada deretan nama-nama domain ‘anything.id’. Sebutlah Astra, Djarum, Gudang Garam, Detik, Kaskus, BCA, Telkom, Matahari, Polytron, Ultrajaya, dan nama-nama lain yang tak asing lagi.


Dari merek internasional terdapat nama-nama seperti: BMW, Epson, Ricoh, Specs, Campina, dan Canon. Dari dunia internet muncul nama-nama popoler seperti Google, Twitter, Bitcoin, atau Kindle.


Dari dunia politik Indonesia, tampaknya hanya bakal calon presiden dari PDI Perjuangan, Joko Widodo, yang mendaftarkan nama domain jokowi.id. Domain ini didaftarkan oleh Seknas Jokowi, salah satu kelompok relawan pendukung calon presiden tersebut.


Selain nama-nama populer, muncul juga nama-nama yang cukup unik seperti jomblo.id, bobotoh.id, andro.id, bangsawan.id, atau user.id.


Ketua PANDI Bidang Sosialisasi dan Komunikasi, Sigit Widodo, mengungkapkan, cukup banyak pemegang merek yang belum mendaftarkan nama domain ‘anything.id’. Next


(ash/ash)