Keren! Aplikasi Ini Bantu Tunanetra 'Melihat'

Jakarta - Pernah membayangkan tunanetra bisa mengetahui nominal uang, memilih warna pakaian, atau mengidentifikasi suatu barang dengan akurat? Ya, dengan bantuan aplikasi di gadget iOS atau Android, semua hal itu tak lagi mustahil.

Namanya TapTapSee, sebuah aplikasi yang dirancang untuk membantu aktivitas tunanetra sehari-hari. Dengan memanfaatkan kamera yang ada pada perangkat genggam, TapTapSee dapat memberikan infoormasi tentang obyek yang ada di hadapan tunanetra.


Cara kerjanya sederhana. Tunanetra cukup mengaktifkan TapTapSee, lalu meletakkan obyek yang ingin diidentifikasi di hadapan kamera. Jarak antara obyek yang akan difoto jangan terlalu dekat, kira-kira 30 sampai 50 cm.


Setelah itu, ketuk dua kali layar gadget, maka TapTapSee akan melakukan proses identifikasi terhadap obyek yang ada di hadapan kamera.


Setelah proses identifikasi berhasil, maka gadget akan menginformasikan obyek terpotret. Misalnya, "Picture 1 is 50.000 backnote" (Gambar 1 adalah uang lima puluh ribuan), atau "Picture 2 is Sanyo black flat television" (gambar 2 adalah televisi Sanyo warna hitam).


TapTapSee juga dapat mengidentifikasi warna pakaian, sehingga tunanetra bisa memakainya untuk memilih pasangan baju celana yang serasi, atau mengetahui warna pakaian apa yang dikenakan lawan bicaranya.


Ingin tahu adegan apa yang sedang tampil di layar monitor? Bisa! Semisal kita sedang nonton film, pause videonya, lalu potretlah dengan TapTapSee. Meski tidak terlalu rinci memberi informasi, setidaknya tunanetra dapat mengetahui kira-kira adegan apa yang tengah tampil di layar monitor.Next


(ash/ash)