15 Juta Pelanggan Telkomsel Pakai Mobile Payment

Jakarta - Sistem mobile payment di Indonesia ternyata belum diadopsi secara maksimal. Operator seluler Telkomsel mengaku belum terlalu banyak pelanggan yang memanfaatkan mobile payment.

"Sejauh ini jumlah pelanggan mobile payment Telkomsel sudah mencapai 15 juta. Ini termasuk sedikit, karena potensinya masih besar," tutur Vice President Digital Payment and Banking Andy Kartika Utomodi Wisma Mulia, Kamis (17/4/2014).


Sayangnya dia belum bisa membeberkan berapa jumlah pengguna yang aktif menggunakan layanan ini. Termasuk rata-rata nilai transaksi pelanggan Telkomsel yang memanfaatkan layanan tersebut.


Telkomsel sendiri mempunyai beberapa layanan untuk mobile payment seperti T-Cash yang sudah diperkenalkan sejak beberapa tahun terakhir. Secara infrastruktur berjalan dengan baik, namun masih menemui kendala.


"T-Cash itu Telkomsel terus melakukan perbaikan dari sisi infrastruktur. Ibaratnya, ini sistem yang baik namun masih kurang seksi," sebutnya.


Saat ini T-Cash setidaknya sudah menggandeng sekitar 40 ribu merchant termasuk kemudahan membeli produk di minimarket seperti Indomaret.


Telkomsel sendiri saat ini terus mengembangkan sisi bisnis dari digital payment dan banking dengan menghadirkan beberapa layanan seperti Tcasj, M-Bangking, branchless bangking, NFC dan MPOS.


Nah, selain edukasi konsumen yang terus didorong agar pengguna mau memanfaatkan layanan tersebut. Pihak operator seperti Telkomsel pun membutuhkan regulasi yang jelas yang berkaitan dengan perbankan.


"Tapi target kita terus menggenjot pertumbuhan dari sini. Dengan edukasi dan adopsi teknologi yang dibuat seamless agar pelanggan pun tak dibuat ribet," tandasnya.


(tyo/ash)