Isi Ulang e-Ticket KRL Kini Bisa via e-Money

Jakarta - Pengguna Commuter Line kini tak perlu lagi antre jika ingin mengisi ulang e-ticket atau kartu elektronik mereka. Isi ulang e-ticket, kini bisa juga dilakukan via provider telekomunikasi.

Mulai 17 April, KCJ (KAI Commuter Jabodetabek) menggandeng Indosat, XL dan Telkom, semakin memudahkan top up e-ticket.


Untuk memanfaatkan layanan ini, pengguna provider terlebih dahulu mengaktifkan akun e-money provider yang digunakan. Untuk pengguna Indosat melalui Indosat Dompetku, pengguna XL melalui XL Tunai dan pengguna Telkom melalui T-Money.


Saat mengisi ulang kartu, pengguna harus memasukkan 16 digit nomor kartu yang tertera di bagian belakang kartu. Kemudian, kartu yang telah diisi ulang silakan ditaruh di vending machine stasiun untuk mengkonfirmasi proses reload atau transfer dana dari uang elektronik provider telekomunikasi ke e-ticket.


Direktur Utama PT KCJ Tri Handoyo mengatakan, ke depannya fungsi vending machine untuk transaksi e-ticket akan terus dikembangkan.


"Pengguna nantinya juga dapat melakukan isi ulang saldo dan pembelian tiket baru melalui vending machine dengan uang tunai," sebutnya.


Vending machine, saat ini baru tersedia di tiga stasiun yakni Sudirman, Bogor dan Jakarta Kota. Rencananya tahun ini, ketersediaan vending machine akan diperbanyak ke 20 stasiun KRL Jabodetabek lainnya. KCJ menargetkan akan ada 66 stasiun yang memiliki vending machine kartu elektronik.


(rns/ash)