Siap-siap! Gesek Kartu Kredit Bisa via Smartphone

Jakarta - Telkomsel tengah gencar merambah sistem mobile payment dengan salah satunya menghadirkan layanan bernama MPOS. Dengan fitur ini, gesek kartu debit atau kredit bisa melalui smartphone.

Didemokan oleh General Mobile Payment and Remittance Telkomsl Dony Yuliardi, ada tiga bagian untuk bisa memanfaatkan MPOS ini yakni smartphone, dongle dan aplikasi Telkomsel MPOS.


"Dongle ini ditancapkan di smartphone. Nantinya, sistem akan terhubung dengan sistem aplikasi yang Telkomsel buat. Nah, di bagian atas dongle-nya terdapat untuk menggesek kartu," ungkap Dony, di Wisma Mulia, Jakarta, Jumat (17/4/2014).


Bila pengguna atau penjual biasa menggunakan transaksi menggunakan Electronic Data Capture (EDC). Cara kerjanya mirip-mirip demikian, namun EDC berhubungan dengan bank maka ini adalah 'kerjaan' dari perusahaan telekomunikasi.


"Jadi nanti setelah melakukan transaksi, uang hasil penjualannya kami simpan dan kami berikan pada akhir bulan, misalnya. Bedanya, alat ini tidak perlu membuka akun bank tertentu saja," sebutnya.


Alat ini sendiri rencananya akan dijual tahun 2014 ini juga. Namun Telkomsel tidak membeberkan tanggal pasti dari dongle yang dibanderol mulai Rp 300 ribuan itu.





(tyo/ash)