Cuekin Windows, Intel Andalkan Tablet Android

Jakarta - Intel berharap dapat mengambil momentum di tengah meningkatnya popularitas tablet Android. Raksasa chip ini menargetkan prosesor buatannya akan dipakai di 40 juta tablet tahun ini, di mana 80 sampai 90 persennya memakai OS Android.

Sisanya memakai OS lain, terutama Windows dari Microsoft. Dengan demikian, Intel tidak lagi terlalu berharap pada Windows di segmen tablet. Memang, pangsa pasar tablet Windows lumayan kecil dibandingkan tablet Android.


"Di kuartal pertama, kami mengapalkan 5 juta prosesor tablet, menjadi kemajuan yang kuat menuju tujuan kami sebesar 40 juta tablet di 2014," kata CEO Intel, Brian Krzanich yang detikINET kutip dari Tab Times, Kamis (17/4/2014).


Jika Intel berhasil mencapai targetnya tersebut, berarti mereka akan meraih pangsa pasar prosesor tablet sekitar 30%. Pasalnya, diproyeksi ada sekitar 130 juta tablet yang dikapalkan di 2014.


Dalam pasar tablet PC, Intel saat ini memang masih menjadi underdog. Mayoritas tablet yang dipasarkan saat ini memakai prosesor berbasis ARM, perusahaan asal Inggris.


(fyk/ash)