Menghilangkan Bintik Hitam di Sensor

Jakarta - Saya punya kamera DSLR Canon 600D, saya sudah memakainya sejak tahun lalu. Minggu kemarin saya mencoba untuk mengecek debu/kotoran pada sensor kamera saya, dengan settingan F22, ISO 300-400. Setelah saya potret dengan menggunakan settingan itu, terlihat ada beberapa bintik hitam di hasil jepretan. Saya coba potret berkali kali, posisi bintik hitam tetap pada posisinya.

Bagaimana cara menghilangkan bintik hitam itu di sensor? Karena setahu saya, sensor pada kamera itu sangat sensitif. Apa perlu dibawa ke Datascript, distributor Canon di Indonesia?


Jawaban:


Debu atau partikel lain yang menempel di filter sensor memang menjengkelkan karena menimbulkan noda dan bercak di foto, terutama saat memotret dengan bukaan yang sangat kecil seperti f/22. Saran saya, coba aktifkan sensor cleaning di kamera. Sebagian besar kamera DSLR/mirrorless yang bisa ganti-ganti lensa memiliki fitur ini.


Saat diaktifkan, mekanisme sensor akan bergetar dan mudah-mudahan debu atau partikel bisa lepas. Tapi kalau ternyata masih terdapat debu setelah sensor cleaning, maka sebaiknya kamera dibersihkan oleh teknisi berpengalaman/pusat servis.


Jika garansi kamera masih berlaku, biasanya biaya servis ini gratis. Jika belum berkesempatan ke pusat servis, mengunakan bukaan yang lebih besar seperti f/8 akan mengurangi tampilnya debu.

(jsn/ash)


http://us.images.detik.com/content/2013/02/22/1204/copyofenche-tjinbaru2.jpgEnche Tjin Enche Tjin mengenal fotografi sejak tahun 1998 saat menuntut ilmu di jurusan Desain Komunikasi Visual. Di tahun 2007, ia beralih ke fotografi digital. Enche aktif di dalam menulis buku, blog, artikel untuk media massa, dan menyelenggarakan kursus kilat serta tur fotografi. Enche juga menerima jasa fotografi terutama event dan portrait. Website: infofotografi.com , Twitter: @infofotografi.