Kendati Sudah 'Mati', Windows XP Masih Dicintai

Jakarta - Windows XP secara resmi tak didukung lagi oleh Microsoft. Sehingga komputer yang menjalankan sistem operasi ini tidak akan menerima update dan rentan dari sisi keamanan.

Kendati dari sisi keamanan sudah tidak aman, namun tak semudah itu juga komputer akan dialihkan ke sistem operasi terbaru. Tidak hanya di kalangan pengguna rumahan, komputer perusahaan pun ada yang memilih setia.


Salah satu contohnya adalah perusahaan Olsen Environtmental dari Australia. Komputer di perusahaan ini jelas-jelas masih mencintai Windows XP, walaupun sudah 'mati'.


"Empat atau lima dari komputer di perusahaan ini masih menggunakan sistem operasi tersebut, Sedangkan enam atau tujuh komputer sudah menggunakan Windows 7," terang si empunya perusahaan Derek Olsen.


Harus diakui bahwa sistem operasi yang sudah berjalan selama 13 tahun lamanya itu, merupakan OS terbaik sepanjang masa. Apalagi tidak ada kemampuan sebaik Windows XP di Windows 7.


Dia juga tidak mempermasalahkan Microsoft menghentikan dukungannya ke Windows XP dan bahaya yang mengincar bagi semua komputer dengan sistem operasi tersebut,


Disukai atau tidak oleh Microsoft, jumlah pengguna Windows XP tidak pernah berkurang secara drastis, kendati sang pembesut sudah beberapa kali meluncurkan versi terbarunya.


Menurut data Netmarketshare, selama Maret 2014 atau bulan terakhir Windows XP disokong oleh Microsoft, pengguna yang masih nyaman memakai sistem operasi ini masih berkisar 27,69%.


(tyo/ash)