Bill Gates Jadi Panutan Pengusaha Indonesia

Jakarta - Selalu ada pelajaran berharga dari setiap peristiwa. Begitu pun kedatangan orang terkaya di dunia Bill Gates ke Indonesia beberapa waktu lalu. Adalah CEO Samali Hotels and Resorts Adrian Bramantyo Musyanif yang saat itu ikut menyumbangkan dananya bersama Bill Gates melalui yayasan Indonesian Health Fund.

Bram, sapaan akrabnya, berpendapat bahwa banyak hal yang patut ditiru dari sosok Gates, salah satunya adalah jiwa sosial yang tinggi. Tak tanggung-tanggung, pendiri Microsoft ini menyumbangkan dana hingga US$ 40 juta (Rp 400 miliar) untuk yayasan Indonesian Health Fund. Aksinya ini sempat menarik beberapa pengusaha Indonesia untuk ikut berpartisipasi, termasuk Bram.


“Bill Gates itu selain memang jiwa bisnisnya bagus, dia sekarang masuk ke foundation ini punya visi yang bagus yaitu kemanusiaan. Dia tahu kalau penyakit ini (malaria, polio, TBC, HIV AIDS) rata-rata justru ada di negara berkembang bukan negara maju, ini yang perlu dibantu,” kata Bram saat berbincang bersama detikFinance di Essence Apartment Dharmawangsa, Jakarta, Selasa (15/4/2014).


Tak hanya soal jiwa sosialnya, Gates juga rendah hati. Hal ini juga yang membuat namanya semakin dikenal sebagai orang kaya yang dermawan.


“Tidak sombong atau takabur, down to earth, bisa memberikan sesuatu ke orang lain. Misalnya ada pemasukan lebih, kita lagi beruntung, didonasikan kepada yang tidak beruntung dan itu untuk kepentingan yang lebih besar,” ujarnya.


(drk/eno)