4G Telkomsel Sambangi Surabaya, Bandung dan Medan

Jakarta - Setelah hadir di Jakarta dan Bali, layanan mobile broadband 4G LTE milik Telkomsel akan segera menyambangi tiga kota besar lainnya di Indonesia, yakni Surabaya, Bandung, dan Medan.

"Surabaya dan Bandung di akhir Maret, sementara Medan mulai April nanti," ungkap Yudi Chahyadi Anwar, General Manager Market Intelligence Telkomsel kepada detikINET di Jakarta, Rabu (18/2/2015).


Meskipun komersialiasinya baru hadir mulai bulan depan, namun untuk penukaran kartu uSIM khusus untuk 4G LTE ini sudah bisa dilakukan di Grapari Telkomsel yang ada di kota-kota tersebut. "Penukaran kartu sudah bisa sejak hari ini," katanya.


Untuk kesiapan jaringannya, Yudi tak mengatakan secara detail sudah berapa eNode B yang terpasang untuk 4G LTE di ketiga kota itu. "Namun dari sisi coverage, kita langsung 70%-80%. Bahkan di Bandung hampir semua jalan utama sudah kita cover," katanya.


4G LTE mulai dikomersialiasikan Telkomsel di spektrum 900 MHz sejak 8 Desember 2014 lalu dengan cakupan awal di Jakarta dan Bali. Setelah Surabaya, Bandung, dan Medan, anak usaha Telkom dan Singtel ini rencananya juga akan menyambangi dua kota lagi.


"Untuk Makassar dan Manado, masih perbincangan di internal kami. Apakah di semester pertama ini atau semester kedua nanti. Mungkin bisa lebih cepat, dan mungkin juga bisa lebih dari dua kota itu," pungkas Yudi.


(rou/ash)