Adegan Intim Gay, Juara Kontroversial World Press Photo

http://us.images.detik.com/content/2015/02/20/1277/worldpresswinner2015.jpgFoto adegan intim pasangan sesama jenis di Rusia berjudul 'Jon & Alex' oleh fotografer asal Denmark, Mad Nissen.


Jakarta - Bulan Februari ini, institusi bergengsi World Press Photo telah rampung memilih foto terbaik tahun 2014 karya fotografer Mads Niessen yang menunjukkan intimasi antara dua pasangan homoseksual.

Pemilihan foto ini tentunya cukup kontroversial mengingat budaya homoseksual ini tidak diterima oleh sebagian masyarakat dunia. Tapi bagi fotografer ada hal lain yang juga kontroversial yaitu tentang tata cara seleksi foto.


Di tahun ini, panitia menerima 97.912 foto dari 5.692 fotografer seluruh dunia. Setelah para ahli membandingkan hasil foto asli (RAW) dengan hasil foto yang diserahkan, 20% dari foto didiskualifikasi karena dianggap mengunakan teknik editing foto yang berlebihan.


Peraturan yang cukup ketat ini salah satunya dipicu oleh pemenang foto dua tahun lalu, yang menurut sebagian besar khalayak terlalu sempurna secara momen dan estetika.


Foto ini ternyata telah melalui proses editing yang mengubah tonalitas warna sehingga mempengaruhi emosi orang yang melihat foto.



Atas: hasil foto yang diserahkan. Bawah: Hasil foto original dari kamera. Foto oleh Paul Hansen.Next


(ash/ash)