Seperempat Abad 'Dokter Operasi Plastik Digital' Photoshop

Jakarta - Pada zaman kamera film, proses editing foto hanya bisa dilakukan di kamar gelap dengan bantuan berbagai bahan kimia dan sejumlah alat konvensional. Namun ketika fotografi digital mulai diperkenalkan, proses tersebut menjadi sangat mudah.

Terutama pasca kehadiran Photoshop, yang 25 tahun yang lalu, tepatnya 19 Februari 1990, resmi diperkenalkan ke publik oleh pembuatnya, yaitu Thomas dan John Knoll.


Aplikasi operasi plastik digital ini dikembangkan oleh kedua bersaudara itu sejak tahun 1988. Thomas yang saat itu adalah mahasiswa PhD di University of Michigan, disarankan oleh John untuk membuat program editing foto.


Thomas bahkan sampai mengambil cuti kuliah selama satu semester untuk mengerjakan aplikasi ini di Macintosh Plus-nya. Awalnya aplikasi ini ia namakan ImagePro, namun nama tersebut sudah digunakan oleh aplikasi lain, dan akhirnya ia memilih nama Photoshop. Pada tahun yang sama, Adobe setuju untuk membeli Photoshop dari Thomas dan John.


Kini di usianya yang sudah seperempat abad, Photoshop sudah seperti sebuah standar untuk aplikasi pengolah foto. Saking populernya, nama Photoshop kini sering digunakan sebagai kata kerja, yaitu untuk menjelaskan kegiatan mengedit foto.


Photoshop pun bisa beranak-pinak. Bermacam aplikasi yang menjadi perluasan fitur Photoshop ditelurkan oleh Adobe, seperti Photoshop Elements, Photoshop Lightroom, Photoshop Express dan Photoshop Touch. Dan Adobe menamakan jajaran aplikasi tersebut sebagai "The Adobe Photoshop Family".


Kini popularitas Photoshop sedikit memudar. Tergerus kehadiran bermacam aplikasi mobile dengan fitur yang hampir sama, namun lebih sederhana. Itu juga yang membuat terus berinovasi. Salah satunya dengan memperkenalkan photoshop versi mobile serta sistem berlangganan berbasis cloud.


Namun tetap saja, untuk platform PC ataupun Mac, Photoshop sebagai aplikasi pengolah gambar belum bisa tergeser perannya oleh aplikasi lain. Selamat ulang tahun, Photoshop.


(asj/ash)