Touch ID Percantik MacBook Air?

Jakarta - Setelah terpasang di iPhone dan iPad, Apple kabarnya akan membenamkan sensor Touch ID ke MacBook Air. Rumor yang berkembang menyebutkan sensor sidik jari itu akan terdapat di MacBook Air tipe anyar, dengan layar 12 inch.

Seperti dilansir Ubergizmo, Rabu (18/2/2015), Touch ID akan diletakkan di atas trackpad. Sumber yang sama juga menyebut bahwa akan ada teknologi biometrik yang dibenamkan ke dalam Magic Mouse dan Magic Trackpad.


Rumor ini memang tak berlebihan, karena Apple sedang menggembar-gemborkan penggunaan sistem pembayaran anyar mereka, yaitu Apple Pay.


Selama ini sistem pembayaran ala Apple itu cuma bisa dimanfaatkan di App Store, ataupun toko-toko yang mempunyai mesin pembayaran berbasis NFC.


Sementara implementasi Touch ID di MacBook Air ataupun perangkat komputer buatan Apple akan memperluas penggunaan Apple Pay. Dan mungkin ke depannya Apple Pay akan bisa menggantikan keberadaan Amazon Payments, ataupun PayPal.


Touch ID pertama diterapkan oleh Apple di iPhone 5S, yang awalnya hanya digunakan sebagai 'kunci pengaman' bagi ponsel berlayar 4 inch itu. Lalu Apple mulai memboyong sensor sidik jari itu ke perangkat lain seperti iPad, dan kini menjadi bagian utama dari sistem Apple Pay.


MacBook Air 12 sendiri sudah dirumorkan kehadirannya sejak tahun 2014, dan dikabarkan mengalami beberapa penundaan akibat adanya masalah ketersediaan prosesor generasi anyar dari Intel. Laptop ini kabarnya akan menggunakan layar Retina dan mempunyai bodi yang sangat tipis serta tak lagi menggunakan kipas pendingin.


(asj/ash)