Siswa Sidoarjo Ciptakan Robot Kursi Roda

http://us.images.detik.com/content/2015/02/20/398/rob546.jpgRobot kursi roda buatan siswa Sidoarjo.


Sidoarjo - Dua siswa SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo merebut medali perak dalam kontes Saint Project Robot tingkat nasional yang diadakan di Tangerang, Banten.

Kedua siswa yang bernama Ahmad Habib dan Prasetyo Langgeng tersebut berhasil menciptakan robot kursi roda yang bisa berjalan secara otomatis yang dikendalikan oleh joy stick.


Robot kursi roda ini memiliki fitur yang bisa membantu penggunanya untuk berdiri, berjalan dan diperuntukkan bagi kaum lansia serta penyandang cacat.


Menurut sang kreator, Ahmad Habib, ia dan rekannya merancang alat ini selama tiga bulan dan menghabiskan biaya sekitar Rp 7 juta.


"Saya termotivasi ketika saya melihat seorang lansia yang menggunakan kursi roda, namun masih dibantu atau didorong oleh orang lain, kemudian saya mencoba membuat robot kursi roda tanpa bantuan orang lain dengan mengunakan sistem joy stick wireless," ujarnya di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo, Jawa Timur.


"Saya berharap temuan ini segera bisa dipatenkan dan dikembangkan secara massal," lanjut Habib.


Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo Wigati Ningsih menjelaskan, semua siswa di sekolahnya tidak hanya mengenyam pendidikan akademis, namun para siswa punya aktivitas lainnya untuk mempertajam kreativitas, salah satunya soal robotik yang digeluti Habib dan Langgeng.


"Karya siswa ini akan kami patenkan agar dapat digunakan orang yang sedang sakit dan tidak membutuhkan bantuan orang lain. Ini adalah karya yang luar biasa yang diciptakan oleh siswa kami," pungkasnya.


(ash/ash)