Telkom Perkuat Sertifikasi di Era MEA

Jakarta - Tahun 2015 yang sudah berjalan dua bulan, sekaligus era penerapan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), coba direspons jauh-jauh hari PT Telkom terutama dalam sertifikasi profesi.

MEA ini merupakan era persaingan yang memungkinkan siapapun di Asia Tenggara untuk datang dan bekerja. Sehingga mempersiapkan potensi dalam negeri untuk menghadapi perubahan ini merupakan hal penting untuk dilakukan.


Menurut VP Corporate Communication Telkom Arif Prabowo, kesadaran tersebut sudah dilakukan BUMN telekomunikasi ini sejak Januari 2008 silam. Yakni lewat pendirian Telkom PDC (Profesional Developement Center) yang kesehariannya dioperasikan Telkom Foundation.


“Selain Telkom PDC, kami juga menginisiasi pendirian Telkom Profesional Certificate Center (TPCC) sejak 4 September 2012. Keduanya memiliki concern sertifikasi profesi bidang teknologi informasi. Ini adalah bentuk corporate social responsibility Telkom di bidang pendidikan,” katanya, dalam keterangan tertulis yang diterima detikINET, Jumat (20/2/2014).


Telkom PDC didirikan dengan izin penyelenggaraan pendidikan non formalnya dari Departemen Pendidikan Nasional serta Departemen Tenaga Kerja. Telkom PDC membuat sendiri perlengkapannya seperti buku dan modul asli buatan para dosen Telkom PDC.


Nama produk akhirnya ditetapkan CCDP, singkatan dari Certified Competency Development and Professional. Pada semester II tahun 2008 –- sebelum CCDP -- pelatihan reguler ini bernama PCP (Professional Certification Program).


"Dengan adanya sertifikasi, ada banyak manfaat yang dapat dipetik, antara lain membantu menunjukkan ke s bahwa bisnis kita bekerja efektif, juga memastikan bahwa kita terus menerus meningkatkan dan memperbaiki aktivitas bisnis internal,” kata Bobby, panggilan akrab Arif Prabowo. Next


(ash/fyk)