Apple Diam-diam Patenkan Headset Virtual Reality

Jakarta - Virtual Reality bakal menjadi lahan baru yang seksi bagi perusahaan teknologi. Apalagi jika perusahaan sekelas Apple juga ikut terjun ke pasar perangkat baru ini.

Diam-diam, Apple baru saja mematenkan perangkat serupa headset virtual reality. Seperti dilansir Financial Times, Rabu (18/2/2015), sketsa paten mendeskripsikan headset tersebut punya slot untuk menaruh iPhone di bagian depan mata.


Tanpa dijelaskan pun orang sudah bisa berspekulasi mengenai fungsi dan cara kerja perangkat ini. Seperti Cardboard milik Google atau Gear VR besutan Samsung, iPhone akan menjadi penyedia konten untuk tayangan di headset virtual reality tersebut.


Bocoran soal paten ini seolah memperkuat kabar sebelumnya mengenai lowongan yang berhubungan dengan virtual reality beberapa waktu lalu. Seperti diketahui, pembesut iPhone tersebut sedang mencari software engineer yang bisa membantunya membuat user interface dan aplikasi untuk pengalaman software generasi terbaru.


"Engineer ini akan menciptakan aplikasi performa tinggi yang mengintegrasikan sistem virtual reality untuk prototype dan pengujian terhadap pengguna," demikian bunyi deskripsi lowongan pekerjaan tersebut.


Berkenaan dengan virtual reality, Oculus Rift tampaknya sukses menarik perhatian. Kini mulai banyak perusahaan teknologi yang juga mulai melirik ranah ini. Sony, Samsung dan Google, masing-masing punya perangkat headset virtual reality mereka.


Selain Apple, LG dan Panasonic pun tak mau ketinggalan. Bekerjasama dengan Google, LG menawarkan bonus headset virtual reality bagi pembeli ponsel G3. Sedangkan Panasonic baru-baru ini memamerkan prototipe headset virtual reality mereka di sebuah event di Jepang.


(rns/ash)