Foto Topless di Balik Perjuangan Awal Photoshop

Jakarta - Di umurnya yang ke-25 ini, Photoshop tak diragukan lagi masih menjadi aplikasi pengolah foto paling populer di dunia, khususnya untuk perangkat PC dan Mac.

Namun tak begitu nasibnya ketika John dan Thomas Knoll merilis Photoshop pada 19 Februari 1990. Ketika itu, John Knoll harus mendatangi perusahaan-perusahaan untuk memamerkan kebolehan Photoshop.


Namun ada satu kesulitan yang dihadapi oleh Knoll, yaitu tak banyak file foto digital yang bisa ia gunakan untuk mendemokan kemampuan Photoshop.


Tak hilang akal, Knoll mengunjungi temannya di laboratorium Advanced Technology Group milik Apple. Di situ ia meminjam sebuah scanner flatbed -- yang juga barang langka pada masa itu -- untuk memindai foto kekasih yang bernama Jennifer yang tercetak di kertas berukuran 4x6 inch.


Dan kemudian foto itulah yang selalu digunakan Knoll untuk mendemonstrasikan kemampuan Photoshop. Foto berjudul "Jennifer in Paradise.tif" ini pula yang tercatat dalam sejarah sebagai foto pertama yang di-photoshop.


"Ini adalah foto yang bagus untuk mendemonstrasikan (Photoshop). (Foto) ini menyenangkan untuk dilihat, dan banyak hal yang kamu bisa lakukan dengan foto ini dari segi teknis," ujar Knoll seperti yang dilansir dari The Guardian, Jumat (20/2/2015).


Foto itu diambil pada tahun 1987, saat John dan Jennifer berlibur di Bora bora. Foto tampak belakang Jennifer yang sedang topless itu disimpan dalam bentuk file .tif oleh John.


Berikut adalah video yang menunjukkan proses pengolahan gambar 'Jennifer in Paradise' menggunakan Adobe Photoshop versi pertama yang dilakukan Knoll untuk memperingati ulang tahun seperempat abad Photoshop.


(asj/ash)