Studi S3 Melayang Gara-gara Ciptakan Photoshop

Jakarta - Adobe Photoshop ternyata sudah berusia seperempat abad atau 25 tahun. Teknologi lain boleh timbul tenggelam, tapi Photoshop tetap bertahan, tetap banyak digunakan. Seperti apa kisah penciptaannya?

Pada tahun 1987, Thomas Knoll, mahasiswa PhD di University of Michigan, membuat program di Macintosh Plus untuk menampilkan gambar di layar monokrom. Program bernama Display itu menarik perhatian adiknya, John Knoll yang bekerja di perusahaan Industrial Light & Magic.


John menyarankan agar program itu dikembangkan. Thomas kemudian cuti kuliah enam bulan di tahun 1988 dan berkolaborasi dengan John untuk membuat Display menjadi program editing gambar. Tahun itu, Display diubah namanya menjadi Photoshop.


John lalu keliling ke Silicon Valley dan menawarkan Photoshop pada perusahaan teknologi seperti Apple dan Adobe. Adobe tertarik dan membelinya meski pada awalnya, mereka tak berharap banyak. Adobe tak memberi banyak uang untuk menyelesaikan Photoshop.


"Hasil dari semua itu adalah, aku tak pernah menyelesaikan program Ph.D," kata Thomas. Ya, akibat terlalu sibuk menggarap Photoshop, kuliah S3 Thomas terbengkalai dan disertasinya tidak selesai-selesai. Tapi ia berhasil menciptakan Photoshop hingga siap dijual.


Photoshop Pertama Dirilis


Pada 19 Februari 1990, Photoshop 1.0 mulai dijual oleh Adobe. Dan ternyata software itu langsung sukses besar. Sampai satu dekade kemudian, sebanyak 3 juta kopi Photoshop berhasil terjual. Next


(fyk/ash)