Lonjakan tiga kali lipat ini jelas sangat signifikan dan 'memaksa' anak usaha Telkom dan Singtel tersebut mau tak mau harus memberikan perhatian khusus pada komunitas pengguna Android di Indonesia.
Mulai dari bikin program khusus Telkomsel Android United bersama seluruh vendor ponsel Android, sampai yang terbaru lewat program carrier billing hasil kemitraannya bersama Google.
Melalui program Telkomsel Google Play Store Direct Carrier Billing ini, seluruh pengguna Android yang ada di operator itu -- baik prabayar maupun pascabayar -- sudah bisa membeli konten digital seperti aplikasi, games, e-books dan in-app purchase untuk virtual items.
Pembelian konten diklaim bisa lebih aman dan nyaman karena biayanya akan dibebankan kepada tagihan bulanan pelanggan pascabayar atau langsung memotong pulsa pelanggan prabayar.
"Hal ini kami harap bisa meningkatkan pengalaman pelanggan dalam menikmati mobile digital lifestyle dari Telkomsel," kata Vice President Digital Lifestyle Telkomsel, Marina Kacaribu, dalam keterangan yang diterima detikINET, Jumat (20/2/2015).
Menurut Marina, Telkomsel juga menjadi operator pertama di Indonesia yang memiliki ekslusif channel di Google Play dengan nama Zona Seru Telkomsel. Dengan ini, Telkomsel bisa memberikan rekomendasi aplikasi-aplikasi terbaik, di antaranya karya developer lokal maupun aplikasi/games yang populer di pasaran.
(rou/rou)