Saingi Qualcomm, LG Bikin Chip Octacore 64 Bit

Jakarta - Seperti Samsung, LG pun sepertinya ingin mengakhiri ketergantungan terhadap perusahaan lain untuk pasokan prosesor mobile. Perusahaan asal Korea Selatan ini berencana membuat chip sendiri.

Sebenarnya ini bukan pertama kalinya LG membuat chipset. Sebelumnya, pernah ada NUCLUN, chipset buatannya yang dirilis tahun lalu untuk LG G3 Screen. Smartphone ini hanya dijual di Korea Selatan.


Sayangnya, prosesor mobile ini terjegal isu overheat. Masalah ini pun diyakini berpengaruh terhadap angka penjualan perangkat yang tidak memuaskan. Akhirnya, nasib NUCLUN pun berakhir. Tidak ada produk lain memakai chipset ini.


Meski demikian, LG tampaknya tidak menyerah. Kabar beredar menyebutkan LG sedang mengembangkan chipset baru. Dilansir Ubergizmo, Rabu (18/2/2015), chipset ini memiliki delapan inti alias octacore 64 bit.


Dengan spesifikasi tersebut, LG berupaya menantang Snapdragon 810. Berbasis ARMv8, chipset ini disebut-sebut akan punya empat core Cortex-A7w dan empat core Cortex-A53. Adapun produksinya akan diserahkan kepada perusahaan bernama TSMC.


Jika rumor ini benar, chipset 64 bit milik LG diperkirakan akan siap dirilis pada akhir 2015. Artinya produk gadget yang menggunakan prosesor ini baru akan muncul di 2016.


(rns/ash)