Berkat Xiaomi dkk, Penjualan Smartphone Melesat

Jakarta - Penjualan smartphone di pasar global dalam setahun terakhir berhasil menembus 1,23 miliar unit dengan nilai bisnis USD 381,1 miliar di sepanjang 2014. Ini semua berkat ekspansi China yang dipimpin oleh Xiaomi dkk.

Dari data terbaru yang dilansir badan riset Gfk, penjualan smartphone di pasar global menembus angka 1,23 miliar unit naik 23% dibandingkan 2013 sebesar 998,1 juta unit. Sementara nilai bisnisnya menembus angka USD 381,1 miliar atau naik 15% dibandingkan tahun sebelumnya USD 220,4 miliar.


Menurut Director of Trends and Forecasting GfK Kevin Walsh, pasar China akan terus menjadi penopang pertumbuhan secara global baik dari sisi unit dan nilai penjualan.


"Pertumbuhan penjualan smartphone di Tiongkok tak bisa dilepaskan dari tingginya adopsi konsumen, terutama untuk perangkat dengan layar lebar," ujarnya seperti detikINET kutip dalam keterangan di situsnya, Jumat (20/2/2015).


Sementara lembaga riset IDC melaporkan, Xiaomi bahkan berhasil menggeser posisi Samsung sebagai raja smartphone di China. Keberhasilan ini jelas membuat ponsel China jadi raja di negeri sendiri.


Jika pada tahun 2013 Xiaomi hanya berhasil mendapatkan pangsa pasar 5,3%, di tahun 2014, pangsa pasar Xiaomi justru mengalami peningkatan pesat hingga 12,5%. Di saat bersamaan, pangsa pasar Samsung justru menurun dari 18,7% menjadi 12,1%.


Menurut IDC, kunci dari kesuksesan Xiaomi adalah harga produk yang relatif murah dan penjualan online. Xiaomi dapat menekan harga produk mereka dengan membatasi jenis smartphone yang dikeluarkan dengan harapan satu jenis smartphone dapat bertahan lebih lama di pasar.Next


(rou/rou)