Zen, Penantang Intel Skylake dari AMD

Jakarta - Di gelaran Intel Developer Forum (IDF) 2014 yang lalu Intel mengumumkan Skylake, prosesor berteknologi pabrikasi 14 nm yang akan jadi andalannya di tahun 2015 ini. Namun sepertinya AMD tak tinggal diam, karena pesaing abadi Intel ini juga menyiapkan penantangnya yang bersandi Zen.

Karena dibuat untuk menantang Intel Skylake, AMD Zen juga akan dibuat menggunakan proses pabrikasi yang sama yakni 14 nm FinFET. Praktis, baik Intel Skylake dan AMD Zen bakal punya kelebihan yang sama yakni performa yang lebih kencang, namun dengan konsumsi daya yang lebih efisien.


Namun tak seperti Intel yang mengatakan Skylake akan segera bisa dirasakan pengguna di kelas konsumer, rencana AMD terhadap ZEN beda lagi. Perusahan yang berpusat di Sunnyvale, Amerika Serikat ini lebih memilih menyasar pengguna di segmen komersial alias enterprise.


Seperti detikINET kutip dari VR-Zone, Minggu (22/2/2015), dikatakan AMD Zen akan pertama kali hadir sebagai prosesor server dan workstation. Berarti nantinya AMD Zen akan masuk dalam keluarga prosesor server Opteron.


Pun begitu tak menutup kemungkinan AMD Zen juga akan ditawarkan ke segmen konsumer, karena seperti prosesor AMD yang beredar saat ini, ZEN juga merupakan APU atau Accelerated Processing Unit. Yang artinya AMD juga membenamkan chip grafis di dalamnya. Namun belum ketahuan chip grafis apa yang nantinya menemani Zen.


AMD Zen disebut akan menawarkan teknologi octa core, punya kontroler memori yang sudah mendukung RAM DDR 4 dan PCIe 3.0, serta punya konsumsi daya yang cuma 95 watt.


Sayangnya masih belum dipastikan kapan AMD Zen mulai dipasarkan, pun demikian isu yang beredar menyebut AMD Zen akan diluncurkan pada semester II tahun 2015 ini.


(yud/yud)