Sony Juga Berambisi Buat Mobil Pintar

Jakarta - Sejumlah perusahaan teknologi saat ini tampaknya punya obsesi yang sama dengan pangsa pasar mobil pintar. Setelah Google, Apple menyusul dengan inisiatif yang sama. Sony pun tak mau ketinggalan.

Seperti diketahui Google menggebrak publik dengan mobil pintarnya. Meski masih terus dikembangkan, prototipe mobil tanpa sopir ini sudah mulai unjuk gigi di berbagai kesempatan.


Sony kabarnya sedang menggarap hal serupa. Raksasa elektronik asal Jepang ini disebut-sebut menjalin kerjasama dengan ZMP, sebuah startup di Jepang yang mengembangkan mobil tanpa sopir.


Sumber lain bahkan menyebutkan Sony sudah menyuntikkan dana 100 juta yen untuk pengembangan mobil pintarnya bersama ZMP. Investasi 100 juta yen ini memposisikan Sony punya sekitar 2% saham di startup tersebut.


Dikutip detikINET dari Ubergizmo, Selasa (17/2/2015), keduanya akan mencoba menggabungkan keahlian Sony dalam image sensor dan pengalaman ZMP di bidang robotik.


Nama lain yang disebut-sebut bakal terjun di pasar mobil tanpa sopir ini adalah Apple. Baru-baru ini semakin banyak informasi terkuak yang mengindikasikan Apple tengah bersiap memamerkan teknologi terbarunya.


Kabarnya, Apple tak hanya mendesain software atau komponen individual, tapi benar-benar ingin menciptakan sebuah mobil secara utuh melalui sebuah proyek bernama Titan.


Ambisi Apple menciptakan mobil sendiri makin santer terdengar ketika kepala riset pengembangan dari pabrikan mobil Mercedes Benz Johann Jungwirth bergabunng dengan Apple.


(rns/rou)