Pengguna iOS Tak Cocok dengan Aplikasi Freemium




iPhone 5 (detikINET)


Jakarta - Selain ada yang berbayar, aplikasi di iOS juga ditawarkan dengan metode gratis yang bersifat freemium. Khusus metode yang terakhir, tak jarang pengguna di perangkat ini yang mengaku tak suka.

Dengan model freemium, pengguna bisa mendapatkan aplikasi dengan cara gratis. Namun, saat ingin naik level atau membeli item yang diinginkan pemain harus membelinya dengan harga tertentu.


Sayangnya, model freemium ini tak cuma sekali membayar. Karena pada kenyataannya, setiap level atau tambahan pengguna diminta untuk membelinya kembali.


"Saya harus membayar USD 3 (Rp 29 ribu) untuk fitur multiplayer dan menambah lagi USD 2 (Rp 19 ribu) untuk fitur lainnya. Yang benar saja, saya kesal dengan model aplikasi seperti ini," tulis pengguna game Game Golf Stickman Super 2 di review App Store, yang detikINET kutip dari Softpedia, Selasa (19/3/2013).


Apple pun dituntut untuk mengubah kebijakan seperti ini, bila tak ingin kemarahan pengguna setianya memuncak. Karena bukan sekali ini saja protes terhadap model freemium terjadi.


Sebelumnya, penggemar Real Racing kecewa saat sekuel ketiga game ini diberikan dengan metode freemium. Artinya, mereka harus membayar untuk melanjutkan permainan atau membeli item.


Padahal kebanyakan dari mereka, lebih suka membayar penuh saat melakukan download untuk full fitur di semua gamenya.


( tyo / rou )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!