Windows Phone Pecundangi iOS di Amerika Latin

Jakarta - Android dan iOS seringkali disebutkan telah menguasai banyak pasar ponsel dunia. Namun hal berbeda justru terjadi di Amerika Latin, sistem operasi mobile besutan Microsoft berjaya di negara-negara yang berada pada kawasan regional tersebut.

Berdasarkan data yang diungkap IDC, perangkat berbasis Windows Phone sukses menempati posisi runner-up di bawah Android. Sistem operasi mobile bergaya kotak-kotak tersebut dilaporkan sukses meningkatkan porsi penguasaan pasarnya lebih tinggi 12% pada kuartal awal tahun ini dibanding kuartal sebelumnya dan diprediksi akan semakin meningkat.


Kesuksesan tersebut direngkuh di sejumlah negara besar di Amerika Latin yakni Argentina, Brazil, Chili, Kolombia, Meksiko and Peru. Seperti dikutip detikINET dari Phone Arena, Jumat (23/8/2013), dilaporkan oleh IDC Windows Phone menunjukkan pertumbuhan yang terbilang menakjubkan pada negara-negara tersebut.


Adalah Nokia Lumia 520 yang dilaporkan menopang sebagian besar kesuksesan yang direngkuh Windows Phone di Amerika Latin. Harganya yang terjangkau disebut sebagai faktor terkuat mengingat kawasan Amerika Latin yang termasuk dalam emerging market.


Untuk perangkat berbasis iOS sendiri dilaporkan berada di posisi ketiga menyusul kedua sistem operasi mobile besutan Google dan Microsoft tersebut. Sayangnya baik Android, iOS, maupun Windows Phone belum diketahui berapa besar total persentase penguasaan pasar yang diraihnya masing-masing.


(yud/ash)