Alhamdulillah... Komunikasi Saat Haji Semakin Murah

Jakarta - Tarif roaming internasional jadi salah satu kendala saat jamaah asal Indonesia sedang melakukan ibadah haji di Tanah Suci. Namun seiring waktu, tarif telekomunikasi dari dan ke Arab Saudi diyakini semakin murah.

Tahun lalu, sekitar 70% dari 211 jamaah haji asal Indonesia menggunakan Telkomsel untuk berkomunikasi dengan sanak saudaranya di Tanah Air.


"Tarif voice paling tinggi penggunanya. Dua tahun lalu tarifnya Rp 7.000 per menit, tahun lalu turun Rp 5.000 per menit. Sekarang, Telkomsel membuat gebrakan dengan memberikan tarif Rp 4.000 per menit. Sedangkan SMS Rp 500 per pesan," ungkap Head of Marketing Communication Telkomsel Group Irlamsyah Syam, di hotel Crowne Plaza, Rabu (21/8/2013).


Tak kalah menarik tentu saja adalah penggunaan data. Penetrasi smartphone di Indonesia membuat layanan data selama musim haji juga mengalami lonjakan hingga 70%.


Sadar akan hal tersebut, Telkomsel memberikan paket menarik untuk internet unlimited sebesar Rp 200 ribu untuk 10 hari, Rp 350 ribu selama 20 hari dan Rp 450 ribu untuk 40 hari.


Tidak cuma itu, pengguna Telkomsel akan semakin nyaman saat berada di titik-titik melakukan ritual haji. Pasalnya, Telkomsel kini menggandeng tiga operator Arab Saudi, yakni Zain Saudi, Saudi Telecom Company, dan Etihad Etisalat (Mobily).


"Dulu kan Telkomsel cuma menggandeng satu operator saja, yaitu Zain. Ternyata masih ada titik-titik yang tak terjangkau, hingga tanpa sadar membuat syok bill (tagihan) pengguna," ungkapnya.


Kini dengan tiga operator yang digandeng di Arab Saudi, jamaah haji asal Indonesia tak perlu lagi melakukan setting manual. Kalau berpindah operator secara otomatis pun tarif yang dikenakan sama.


(tyo/ash)