Facebooker, Awas Tertipu 'BlackBerry Messenger on PC'

Jakarta - Para pengguna Facebook Indonesia harap berhati-hati jika mendapatkan undangan 'Blackberry Messenger on PC' dari kontak Facebook Anda.

Alih-alih mendapatkan aplikasi BBM di PC, Anda malah akan dikelabui untuk menginstal aplikasi abal-abal dan diarahkan ke situs apps Facebook yang sudah dirancang sedemikian rupa.


Situs tersebut untuk menjadikan Anda 'Sinterklas' lantaran memberikan keuntungan bagi pembuat aplikasi abal-abal ini dari kegiatan Anda mengklik iklan-iklan yang telah disiapkan pada situs apps Facebook tersebut.


Pada awalnya calon korban bakal mendapatkan pemberitahuan dari Facebook bahwa mendapatkan undangan dari teman Facebooknya untuk mencoba aplikasi 'Blackberry Messenger on PC' (lihat gambar di atas).


Jika mengklik undangan tersebut, Anda akan langsung digiring ke situs https://apps.facebook.com/bbmo*pc/ dan diminta untuk memberikan approval instalasi aplikasi (lihat gambar 2).




Gambar 2: Layar persetujuan instalasi Blackberry Messenger on PC abal-abal.


Jika menyetujui dengan mengklik [Okay] maka aplikasi ini akan terinstal di akun Facebook Anda dan akan langsung dimintai persetujuan untuk mengirimkan aplikasi ini ke seluruh kontak Facebook (lihat gambar 3).Next


(ash/ash)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!