Samsung Bikin Gamepad untuk Smartphone

Jakarta - Samsung tak hanya fokus mengembangkan smartphone dan tablet. Raksasa elektronik asal Korea Selatan itu juga punya aksesoris khusus untuk ponsel pintar.

Aksesoris itu berupa gamepad dan bisa dipasangkan pada semua perangkat Android 4.1 ke atas, baik itu tablet atau smartphone. Gamepad tersebut juga bisa dipakai pada perangkat di luar merek Samsung.


Gamepad tersebut memanfaatkan Bluetooth untuk terhubung ke smartphone. Pengguna juga bisa menempelkannya melalui slot yang sudah disediakan. Hanya saja ruang slot tersebut hanya terbatas untuk ponsel berukuran maksimal 6,3 inch.


"Gamepad ini bisa dihubungkan ke semua smartphone dan tablet melalui Bluetooth. Namun fitur-fitur yang paling seru hanya bisa dinikmati pada jajaran Samsung Galaxy dengan Android 4.3," tulis pernyataan Samsung.


Jika dilihat lebih dalam gamepad tersebut memiliki tombol D-pad 8 arah dengan stik analog di bagian kiri dan kanan, serta 4 tombil khusus di bagian kanan. Terlihat juga ada tombol bertuliskan 'Play' di bagian tengah.


Seperti dikutip detikINET dari Toms Hardware, Rabu (18/12/2013), di dalam gamepad tersebut juga sudah ditanamkan baterai sebesar 160mA. Sejauh ini produk tersebut hanya dipasarkan di Eropa, belum diketahui apakah juga bakal dijual di negara lain.


(eno/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!