Bisnis Komputasi Awan Makin Cerah

Jakarta - Bisnis cloud computing alias komputasi awan dalam tiga bulan terakhir menunjukkan pertumbuhan yang cerah di pasar global. Kondisi ini diperkirakan masih akan terus berlanjut.

Seperti detikINET kutip dari NYTimes, Selasa (5/8/2014), ada dua perusahaan yang mencatatkan pertumbuhan fantastis di periode ini, yakni Microsoft dan IBM. Pendapatan Microsoft dari cloud di kuartal kedua 2014 lalu tumbuh 164%, sementara IBM sekitar 86% dari data yang dilansir Synergy Research Group.


Amazon masih memimpin pendapatan dari sektor ini sekitar USD 962 juta walau hanya tumbuh 49%. Sementara Microsoft membukukan pendapatan sekitar USD 370 juta, dan IBM di angka USD 259 juta. Posisi Microsoft dan IBM cukup kuat di bisnis cloud untuk infrastructure services.


Nama seperti Salesforce juga tak bisa dianggap enteng dimana meraup USD 203 juta selama kuartal kedua lalu, sedangkan Google diperkirakan berhasil membukukan sekitar USD 169 juta.


Terakhir, ada juga nama seperti SAP yang tengah mengembangkan bisnis cloud ke wilayah Asia Pasifik dan Jepang (APJ). Performa kuat SAP di wilayah APJ pada kuartal kedua ini didorong oleh pertumbuhan berlangganan cloud dari tahun ke tahun sebesar 48% dan mendukung pendapatan dan bisnis on-premise yang kokoh.


(rou/ash)