Lebaran, Trafik Data Telkomsel Jateng-DIY Capai 68,5 Terabytes

Semarang - Mengirim pesan ucapan lebaran atau saling bermaafan melalui jejaring sosial atau aplikasi lainnya dari smartphone ternyata sangat berpengaruh pada trafik layanan data saat perayaan Idul Fitri tahun ini. Bahkan dari laporan trafik Telkomsel di Jateng dan DIY, kenaikannya mencapai 157% dibanding tahun kemarin.

GM ICT Operation Telkomsel Jateng-DIY, Hafiddudin Triatmojo mengatakan seluruh layanan mulai dari SMS, layanan suara, dan layanan data mengalami kenaikan selama lebaran. Namun yang paling banyak diminati pelanggan ternyata dari layanan data yang mencapai 68,5 terabytes.


"Kami melakukan pemantauan trafik dan pemeliharaan kinerja perangkat secara ketat selama masa puncak Ramadhan dan Lebaran selama 24 jam. Di wilayah Jawa Tengah dan DIY, tingkat kenaikan penggunaan data mencapai hingga lebih dari 157% menjadi 68,5 Terabytes, dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2013. Apabila dibandingkan dengan hari normal 2014, terdapat kenaikan sebesar 65%," kata Haffiddudin kepada lewat rilisnya, Minggu (3/8/2014).


Sementara itu untuk layanan SMS, lanjut Hafiddudin, kenaikan layanan mencapai 57% dibanding periode yang sama tahun 2013 lalu atau menjadi 72,6 juta SMS. Sedangkan layanan suara tepat di hari Raya Idul Fitri meningkat 2% dibanding tahun lalu atau menjadi 91 juta menit percakapan.


"Apabila dibandingkan dengan hari normal 2014, trafik voice naik sebesar 20%," tegasnya.


Dari laporan trafik Telkomsel itu juga terpantau pelanggan yang mudik ke Jateng dan DIY mencapai 2,5 juta orang. Dengan banyaknya pemudik yang masuk ke Jateng dan DIY, Hafiddudin menegaskan pelayanan kepada 11,5 juta pelanggan di Jateng DIY tetap berjalan baik.


"Adapun tingkat keberhasilan koneksi data mencapai lebih dari 99.8%, keberhasilan pengiriman SMS mencapai 100%. Sedangkan tingkat kesuksesan panggilan mencapai lebih dari 98,6%," pungkasnya.


Untuk menghadapi lonjakan trafik layanan tersebut, Telkomsel sebelumnya sudah mempersiapkan optimalisasi jaringan dan penambahan kapasitas meliputi upgrading kapasitas core network VLR (Visitor Location Register), SMSC (Short Message Service Center), MMSC (Multimedia Message Service Center) , HLR (Home Location Register), dan SGSN (Serving GPRS Support Node).


(alg/fyk)