Dari pantauan yang dilakukan NetApplications terhadap 40 ribu situs yang sering diakses oleh penguna Android dan iOS, mencatatkan porsi sebesar 44,62% untuk Android dan 44,19% untuk iOS.
Persentase online pengguna perangkat besutan Apple memang sedikit di bawah Android. Namun bila dikaitkan dengan market share Android yang mencapai 85%, pengguna iOS jelas terlihat lebih superior. Itu karena market share iOS hanya 11,9%.
Seperti detikINET kutip Phone Arena, Senin (4/8/2014), analis mengatakan, market share Android memang tinggi, namun sebagian besar didominasi oleh ponsel entry-level yang mana penggunanya membeli karena ingin mengikuti tren ponsel layar sentuh.
Walau bisa juga digunakan untuk aktivitas online, banyak pengguna di segmen tersebut justru hanya menggunakannya untuk telepon dan sms saja. Ini berkebalikan dengan pengguna iOS dimana penggunanya pasti menggunakannya untuk tujuan online, baik sekadar browsing ataupun menjalankan aplikasi berbasis online.
Analis juga mengatakan alasan itu jugalah yang akhirnya membuat pengembang aplikasi lebih mengutamakan platform iOS untuk aplikasinya ketimbang Android. Terutama untuk aplikasi-aplikasi yang berbasis online.
(yud/rou)