Google Siapkan Shamu Sebagai Penerus Nexus

Jakarta - Saat konsep Android Silver diperkenalkan, banyak yang menduga Google akan berhenti memproduksi perangkat Nexus. Nyatanya, seri Nexus masih dikembangkan. Terbukti dengan bocoran terbaru ponsel dengan kode nama Shamu.

Dilaporkan AndroidPolice, Kamis (7/8/2014), Motorola saat ini tengah menggarap smartphone terbaru yang diberi nama kode Shamu. Jika benar, smartphone ini akan menjadi Nexus 6, yang meneruskan seri Nexus 5.


"Kami sangat yakin Shamu adalah perangkat sungguhan yang saat ini sedang dalam tahap pengerjaan. Shamu masuk dalam seri Nexus. Yang belum kami yakin adalah spesifikasinya," tulis laporan tersebut yang mengaku mendapat bocoran dari sumber internal Google.


Namun setidaknya, AndroidPolice bisa mengira-ngira jika tampilan fisiknya kurang lebih akan sama seperti pendahulunya. Nexus 6 diprediksi akan punya layar 5,9 inch dan menggunakan Android L.


Sebelumnya, Google mengumumkan rencana proyek Android Silver selain Nexus. Proyek ini pada intinya menaikkan standar sistem operasi Android. Boleh dibilang, Android Silver ini merupakan Android versi premium.


(rns/ash)