Samsung Bolehkan Suasana Kerja Santai

Jakarta - Mengalami penurunan penjualan smartphone cukup signifikan, Samsung merasa harus melakukan perubahan. Membangkitkan kembali semangat karyawan, perusahaan asal Korea Selatan ini menciptakan suasana kerja lebih santai dan menyenangkan.

Seperti dikutip dari Techsonia, Sabtu (9/8/2014), semua staf Samsung di markas mereka di Suwon, diperbolehkan mengenakan pakaian casual seperti celana pendek ke kantor. Jam bekerja lebih fleksibel, dan karyawan diperkenankan cuti hamil tanpa khawatir dengan pekerjaan mereka.


"Staf yang masih muda-muda tidak lagi dipaksa untuk bekerja lebih lama, sementara yang lebih tua akan lebih berhati-hati untuk tidak mudah memarahi juniornya," ujar salah satu staf Samsung yang menolak disebutkan namanya.


Samsung berharap perubahan kultur bekerja yang dilakukannya bisa meningkatkan kreativitas karyawan. Pembesut seri gadget Galaxy ini juga menekankan filosofi 'Work Smart' untuk mengurangi waktu terbuang percuma di kantor.


Sejumlah perusahaan teknologi besar memang dikenal dengan kultur kerjanya yang menyenangkan. Google dan Facebook adalah dua perusahaan yang paling sering menjadi contoh.


Mulai dari makan siang gratis, suasana kantor seperti arena bermain, hingga layanan cuci pakaian. Dengan cara ini, baik Google maupun Facebook mengarahkan karyawannya agar bisa fokus berkarya dan berkreasi.


(rns/rns)