Google Jor-joran Caplok Sana-sini

Jakarta - Dalam enam bulan terakhir saja Google tercatat telah menghabiskan uang sekitar USD 4,2 miliar atau hampir Rp 50 triliun untuk memenuhi nafsunya mengakuisisi sejumlah perusahaan selama semester pertama 2014.

Seperti detikINET kutip Bloomberg, Minggu (3/8/2014), Google telah menghabiskan USD 3,2 miliar untuk membeli perusahaan alat pengatur panas, Nest Labs Inc pada Februari lalu dan menambahkan USD 1 miliar lagi untuk pembelian lainnya pada enam bulan pertama.


Nilai tersebut naik USD 1,3 miliar untuk periode yang sama tahun lalu. Nilai pada tahun 2014 tidak termasuk USD 1 miliar yang telah diumumkan Google untuk membayar perusahaan kamera, DropCam Inc dan layanan satelit Skybox Imaging Inc. Transaksi tersebut tidak menutup semester pertama tahun ini.


Skala transaksi Google naik karena kinerjanya yang juga naik untuk meningkatkan bisnis pencarian iklan dan memperluas jangkauannya ke pasar yang baru seperti ponsel, telekomunikasi dan mobil tanpa pengemudi. Akuisisi perusahaan yang lebih kecil tahun ini telah mencakup iklan video.


Menurut Google, akuisisi yang dilakukan umumnya untuk meningkatkan dan memperdalam keahlian di bidang teknik dan bidang fungsional lainnya, seperti teknologi dan penawaran produk. Google sendiri mencatat kinerja yang cemerlang sepanjang kuartal kedua 2014.


(rou/fyk)