Tiru Google, Yahoo Enkripsi Email

Jakarta - Para aktivis pejuang hak privasi tampaknya akan semakin senang. Setelah sebelumnya Google mengenkripsi email, kini Yahoo mengikuti melakukan langkah yang sama.

Seperti Google, Yahoo pun akan menyediakan fitur ini dalam waktu dekat. Menjadi bagian dari PGP atau Pretty Good Privacy, enkripsi email tidak bersifat default, melainkan pengguna bisa memilih untuk menggunakannya atau tidak.


"PGP memang bukan 'obat' untuk semua isu privasi. Ini hanya memproteksi konten sebenarnya dari sebuah pesan, bukan tujuan atau subjek email misalnya," ujar Alex Stamos, CISO Yahoo seperti dikutip dari Wall Street Journal, Sabtu (9/8/2014).


Yahoo pertama kali berjanji akan mengenkripsi semua layanannya pada November 2013. Janji ini dikemukakannya menyusul ramai-ramai isu kebocoran Snowden. Selanjutnya April tahun ini, Yahoo mengatakan akan mengenkripsi trafik di antara data center dan layanan messengernya.


Sementara itu, Google baru-baru ini mengumumkan akan menawarkan enkripsi email. Bukan tanpa sebab, Google berupaya meredam tudingan sebagai kepanjangan NSA.


Beberapa waktu lalu, raksasa internet ini memang menuai protes dari orang-orang yang sangat peduli dengan keamanan privasi. Google kala itu memiliki aturan bahwa pihaknya punya keleluasaam membaca email para pengguna Gmail.


(rns/rns)