Toshiba Geber Hardisk 5 TB!

Jakarta - Setelah sebelumnya cuma mentok di kapasitas 4 TB, teknologi penyimpanan berbasis piringan magnet dipastikan bakal meningkat lagi. Toshiba mengumumkan hardisk terbarunya yang menyodorkan kapasitas 5 TB!

Namun hardisk yang mengusung seri MD04ABA-V ini masuk dalam kategori low-RPM (rotation per minute) dengan putaran hanya 5400 rpm. Pun begitu, keuntungannya jadi lebih reliable, terutama untuk penggunaan dalam jangka waktu lama.


Dengan keunggulan tersebut, Toshiba memang lebih menyasar industri surveillance lewat hardisk berkapasitas terbesar pertama di dunia ini.


Apalagi hampir semua perangkat surveillance semisal SDVR (Surveillance Digital Video Recording), SNVR (Surveilance Network Digital Networking), dan hybrid SDVR memang dijalankan secara terus-menerus dengan jangka waktu yang terbilang lama.


Seperti dikutip detikINET dari Ubergizmo, Rabu (6/8/2014), Toshiba juga mengklaim dengan kapasitas sebesar itu, hardisk terbarunya itu sanggup menangani hingga 32 kamera CCTV beresolusi tinggi dan waktu rekam yang lebih lama. Ditambah lagi harddisk ini juga diklaim lebih hemat daya.


Sayangnya belum ada informasi kapan perangkat ini masuk ke segmen konsumer, namun disinyalir waktunya tak akan terlalu lama. Spekulasi yang beredar mengatakan hardisk 5 TB sudah bisa dinikmati kelas konsumer sekitar awal tahun 2015.


(yud/ash)