Ikut Olimpiade Online Nasional, Berani?

Jakarta - Orbit Digital dan Geschool kembali menyelenggarakan Olimpiade Online Nasional Piala Hasri Ainun Habibie 2014. Siswa berusia remaja di seluruh Indonesia menjadi target pelaksanaan kompetisi ini.

Dunia digital, khususnya internet, membawa kemudahan dalam kehidupan untuk memenuhi informasi, dan juga memudahkan seseorang dalam bersosialisasi.


Sebuah survei nasional yang dipublikasikan awal tahun oleh UNICEF, Harvard University, bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika bertajuk 'The Berkman Center for Internet and Society' mengungkapkan bahwa 30 juta pengguna internet adalah remaja.


Studi ini memperlihatkan bahwa dari 75 juta pengguna internet di Indonesia, hampir setengahnya adalah remaja yang mengakses internet secara reguler.


Menanggapi survei tersebut, DR. Ing. Ilham Akbar Habibie, Komisaris Utama Orbit Digital menyatakan, “Siswa Indonesia semakin akrab dengan media online yang multimedia, interaktif, dan komunal. Olimpiade Online adalah pendekatan edutainment yang berkualitas dan trendi untuk memacu prestasi dengan cara yang fun".


Dalam kesempatan ini Orbit Digital bekerjasama dengan Geschool, sebuah jejaring sosial berbasis edukasi, kembali menyelenggarakan sebuah kegiatan bertajuk Olimpiade Online Nasional Piala Hasri Ainun Habibie 2013. Kegiatan ini merupakan kompetisi yang diikuti oleh 100.000 siswa/i yang mewakili 10.000 sekolah tingkat SD, SMP, dan SMA sederajat secara online se-Indonesia.


Mengulang kesuksesan tahun lalu, yang diklaim berhasil menghadirkan ribuan sekolah, kali ini penyelenggaran menambah presentase peserta, dengan harapan dapat mencapai target lebih dari tahun sebelumnya. Selain itu pelajar tingkat remaja akan menjadi target utama dari kompetisi tahun ini.


“Antusiasme peserta dari sekolah di seluruh Indonesia terhadap kompetisi ini sangat tinggi, terutama dari kalangan remaja tingkat SMP dan SMA. Tahun lalu, 50% dari 10.000 peserta yang mendaftar berasal dari tingkat SMA. Karena itu tahun ini kami menambah presentase pada peserta tingkat SMA atau remaja,” ujar Muhammad Andy Zaky, Direktur Utama Orbit Digital.


(ash/fyk)